Pengertian
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafika Computer atau visualisasi komputer merupakan bagian
dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara
digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D, grafika
komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Pengolahan Citra merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh
manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan
mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemampatan citra.
Pengolahan citra merupakan proses awal dari komputer visi. Pengelompokkan data
numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer
agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola
adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra.
Perbedaan
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafika Komputer inputnya merupakan
deskripsi/data dan outputnya adalah gambar, sementara Pengolahan Citra inputnya
gambar dan outputnya gambar juga (tapi dengan citra/tampilan yang berbeda)
Pemanfaatan Ilmu Grafik Computer dan Pengolahan
Citra di berbagai bidang:
1.
Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan Grafik Computer dapat
digunakan untuk efek pada film animasi, acara hiburan di tv, konten creator di
youtube pun banyak yang menggunakan Grafik Komputer, game, film 3D dls.


2. Bidang Pendidikan
Dalam bidang Pendidikan Grafik Computer yang digunakan berupa power point, aplikasi Pendidikan seperti aplikasi Ruang Guru yang sering kita temui di playstore atau ios dls.
3. Bidang Perancangan
Dalam bidang ini digunakan untuk merancang
suatu desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk
mendesain suatu aritektur bangunan, desain kendaraan dengan software
tertentu seperti autocad, 3D max dls.
4. Bidang
Kedokteran
Dalam bidang kedokteran dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit dengan sinar X, CT Scan, USG, dan sebagainya.
Dalam bidang kedokteran dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit dengan sinar X, CT Scan, USG, dan sebagainya.
5. Virtual Reality
Merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (Computer-Simulated
Environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar
suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar