Selasa, 02 Oktober 2018

Perbedaan Ilmu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta Pemanfaatannya


Pengertian  Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafika Computer atau visualisasi komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D, grafika komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.

Pengolahan Citra merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemampatan citra. Pengolahan citra merupakan proses awal dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra.

Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

 Grafika Komputer inputnya merupakan deskripsi/data dan outputnya adalah gambar, sementara Pengolahan Citra inputnya gambar dan outputnya gambar juga (tapi dengan citra/tampilan yang berbeda)


Pemanfaatan Ilmu Grafik Computer dan Pengolahan Citra di berbagai bidang:


1.      Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan Grafik Computer dapat digunakan untuk efek pada film animasi, acara hiburan di tv, konten creator di youtube pun banyak yang menggunakan Grafik Komputer, game, film 3D dls.












    
2.   Bidang Pendidikan

Dalam bidang Pendidikan Grafik Computer yang digunakan berupa power point, aplikasi Pendidikan seperti  aplikasi Ruang Guru yang sering kita temui di playstore atau ios dls.





         
3.    Bidang Perancangan

Dalam bidang ini digunakan untuk merancang suatu desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu aritektur bangunan, desain kendaraan  dengan software tertentu seperti autocad, 3D max dls.




4.      Bidang Kedokteran
Dalam bidang kedokteran  dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit dengan  sinar X, CT Scan, USG, dan sebagainya.




                 









5.      Virtual Reality
Merupakan  teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (Computer-Simulated Environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi





Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar