Minggu, 29 April 2018


Manajemen Layanan Sistem Informasi


Disusun Oleh :

Nama :
NPM :
Mega Lestari Sirait
14116340
Paulisa Bunga Chintami
15116740
Tri Lestari
18116406


SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
 McDonald’s

1.     Service Strategy
·         Drive True
·         Form kritik dan saran
·         Aplikasi pemesanan secara online
·         Mckios k
·         Mccafe

2.     Service Design
·         Store Management System (SMS)
Melalui aplikasi ini semua data transaksi di Indonesia akan dikirim ke pusat jaringan McDonald’s di Amerika (US). SMS juga melakukan sistem pengorderan dan pengelolaan inventori.
·         Point Of Sales (POS)
Digunakan untuk dapat mencatat apa saja yang telah dipesan dan pembayaran setelah restoran tutup.
·         Customer Relationship Management (CRM)
Fokus pada penggunaan informasi tentang pelanggan untuk membuat strategi yang mengembangkan dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sistem ini dikembangkan oleh McDonald’s dengan customer service via telepon (14045). Melalui layanan ini setiap order akan dicatat kemudian ditransmisi ke gerai. Pesanan diproses hingga transaksi pembayaran.
·         Elearning
McDonald menggunakan sistem yang digunakan pada Nintendo DS sebagai elearning untuk pegawai – pegawai barunya. Elearning ini berupa games yang bisa menilai performa mereka, dan dengan cara ini para pegawai bisa membandingkan dengan koleganya dan melihat perkembangan mereka. Dengan cara ini McDonald bisa menghemat kertas dan juga menawarkan cara belajar yang menyenangkan.
·         ACS
Untuk penyedia yang berkaitan dengan IT, McDonald’s menggunakan sistem dari ACS. ACS menyediakan fasilitas manajemen data pusat, server, operasi jaringan,
dan lain – lain.
·         OLAP (Online Analytical Processing)
Teknologi ini berfungsi sebagai pengolah data yang digunakan untuk pengambilan keputusan

3.      Service Transition
McDonald’s menyediakan berbagai fasilitas seperti : tempat makan, playground, internet area, dan lain-lain. Dalam perubahan tersebut, perusahaan McDonald’s mengalami perubahan transformational change dimana perubahan tersebut adalah perubahan munculnya suatu keadaan yang baru, perubahan visi dan misi yang dijalankan berubah pada saat pergantian kepemimpinan. Bentuk bisnis yang dijalankan oleh perubahan McDonald’s adalah international franchising yaitu strategi bisnis yang dilakukan di berbagai negara sesuai dengan selera dan kondisi pasar di masing-masinng negara. Tetapi dijalankan sesuai dengan perjanjian atau aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan McDonald’s. Pemilik waralaba harus setuju dengan perjanjian dan mampu mengoperasikan gerai waralaba dibawah kondisi sesuai dengan kesepatan kedua belah pihak seperti, tempat pembelian bahan baku, cara memasak, cara mengiklankan produk, dan harga setiap menu, sehingga tidak ada perbedaan antara satu restoran  McDonald’s dengan restoran McDonald’s lainnya. Perubahan kedua yang terjadi pada perusahaan McDonald’s adalah perubahan produk yang sesuai dengan selera masyarakat di negara itu tanpa menghilangkan cita rasa dari McDonald’s itu sendiri.

4.     Service Operation
·         Transaction Processing System (TPS)
Adalah sistem informasi yang dikembangkan untuk memproses data-data transaksi dalam jumlah besar (database) untuk transaksi bisnis rutin secara operasional perusahaan dan inventarisasi yang dilakukan secara konsisten. Transaction Processing System merupakan bagian yang penting dari sistem pendukung operasi yang bertugas mengolah dan merekam data laporan dari transaksi bisnis dengan dua prinsip dasar, yakni in batch processing dan in real-time (online) processing. Mc Donald’s dalam melakukan trasnsaksi telah mempunyai jaringan komputer yang terintegrasi dengan customer yang menyediakan informasi pemesanan. Transaction Processing System yang digunakan oleh McDonald’s adalah Point of Sale (POS) System, Point of Sale adalah bagian yang paling vital dalam proses operasional, transaksi dengan konsumen yang melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan dan database perusahaan secara simultan, kemampuan hardware dan software yang dapat diandalkan merupakan faktor kunci kelangsungan operasional. TPS yaitu suatu sistem yang menggunakan terminal elektronik cash register untuk menyimpan dan mengirim data entry penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubungi dengan komputer pusat dan dapat diproses untuk keperluan cepat atau periodik. Pada prinsipnya sistem operasional Mc Donald’s merupakan aliran kerja yang diterjemahkan secara baku ke dalam proses otomatisasi. Pesanan pelanggan diterima oleh sistem point of sale (order station) yang akan dicatat oleh makaline station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Kemudian pesanan pelanggan akan diproses langsung oleh kitchen dengan hardcopy document transaksi sebagai perintah kerja. Semua data transaksi akan tersimpan didalam file server, sedangkan driver routing diperlukan sebagai pengawas kegiatan operasional yang akan dipantau langsung oleh headquater melalui jaringan WAN.
·         Process Control System (PCS)
Adalah level manajemen yang melibatkan statistika dan teknik yang melibatkan pembuatan mekanisme dan alogaritma untuk mengendalikan keluaran dari suatu proses tertentu dan bekerja pada sistem administrasi perusahaan yang dalam aplikasinya bertanggung jawab pada keberlangsungan perusahaan secara administratif, melakukan job description, melakukan payroll atau sistem gaji terpadu, dan sebagainya.
·         Decision Support System (DSS)
Merupakan middle management di dalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend produk, inovasi produk, dan sebagainya. DSS Merupakan suatu sistem yang memberikan dukungan komputer secara langsung kepada seorang manajer dalam proses pengambilan/pembuatan keputusan. Seorang manajer produksi dapat menggunakan DSS untuk menentukan berapa banyak produk yang akan diproduksi seperti pada perusahaan manufaktur, dengan didasarkan pada perkiraan penjualan dikaitkan dengan promosi yang akan dilakukan, lokasi dan ketersediaan bahan baku yang diperlukan dalam memproduksi suatu produk. DSS menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi manager end-user secara interaktif dengan menggunakan berbagai model analisis, simulasi dan lain sebagainya. Bagi Mc Donald’s sendiri penggunaan DSS terlihat ketika setiap store manager dapat mengontrol performance sistem secara langsung dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan.
·         Expert Support System (ESS)
Adalah top level pada piramida perusahaan, yang mana menjalankan tugasnya sebagai staf ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya.

5.     Continual Service Improvement
·        (Products) menambahkan lebih banyak rasa atau tipe baru dari makanan cepat saji yang dapat membedakannya dengan competitor.
·        (Products) mengembangkan lini produk baru yang fokus pada makanan organik dan sehat (zero trans-fat).
·        (Products) mengubah lini produk coca-cola yang lebih sehat (Diet, Coffin-free, dll).
·        (Products & Services) menyediakan makanan segar dengan tempat yang bersih dan menyenangkan anak-anak dengan mainan dan fasilitas tempat bermain serta membuat senang dan nyaman pelanggan dewasa.
·        (Promotion, Products) mempromosikan Mc Donald “bestseller” –Fries and Big Mac, mengembangkan beberapa makanan spesial yang baru untuk keluarga dan untuk remaja.
·        (Products & Service + Branding) menjaga kebersihan lingkungan (restoran) dan menjaga keamanan anak-anak, serta membuatnya senang selama di arena permainan, mempromosikan untuk anak-anak serta berusaha menarik kelompok yang telah berumur, menggunakan bintang lokal yang populer untuk menarik usia muda.
·        (Promotion+Place) explore pasar baru di luar negeri melalui periklanan dan promosi yang intensif dan agresif.
·        (Promotion+Branding) melakukan promosi dan periklanan bersama-sama dengan coca-cola untuk menarik penggemar coca-cola.

Sumber :
https://dwikastudies.wordpress.com/2016/11/27/sistem-informasi-mcdonalds/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar